pantai indrayanti

Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta, Balinya Jogja

 


rute atau jalan menuju pantai indrayanti wonosari gunung kidul jogja

Deskripsi Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti Gunung Kidul sekarang telah menjadi salah satu alternative wisata paling diminati di kawasan Yogyakarta. Selain keindahan pasir putihnya, pantai Indrayanti juga terkenal dengan settingannya yang mirip seperti pantai-pantai di pulau Bali. Nama Indrayanti sendiri diambil dari nama seorang pemilik restoran yang terdapat di kawasan tersebut. Sebagian orang yang baru saja mendengar nama pantai ini kadang keliru menyebut dengan nama pantai Indrayani. Pemkab Gunung Kidul sendiri sebenarnya menamai pantai ini dengan pantai Pulang Syawal yang diambil dari nama kampung pantai Indrayanti. Namun karena masyarakat sudah terbiasa dengan nama Indrayanti, sehingga nama pantai Pulang Syawal justru kurang familiar.

 Lokasi atau Jalan Menuju Pantai Indrayanti
Rute menuju pantai Indrayanti Gunungkidul selain banyak tikungan juga banyak tanjakan dan turunan. Hal ini karena terletak di daerah pegunungan sehingga jalanan naik turun dan berkelok-kelok. Jika menggunakan kendaraan umum naiklah bis Jogja-Wonosari dan turun di terminal Wonosari lalu naiklah ojek.
Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka kita bisa langsung mengikuti jalan Wonosari yang terletak di persimpangan ring road timur menuju ke arah timur sampai bertemu dengan alun-alun Wonosari atau kurang lebih 2 jam perjalanan dari ring road timur Jogja. Setelah sampai alun-alun Wonosari, jalan terus ke arah timur, sehingga ada papan petunjuk jalan bertuliskan Terminal Wonosari. Berbeloklah ke kanan ke arah terminal Wonosari dan ikuti terus jalan tersebut.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk
Loket masuk ke kawasan pantai Indrayanti dibuka 24 jam dan tarif retribusi atau harga tiket masuk pantai Indrayanti
  • 1 tiket masuk Rp.10.000/orang (sudah termasuk akses masuk ke pantai Baron, pantai Krakal, paktai Kukup, pantai Sepanjang, pantai Sundak, dan pantai Drini)
  • tarif parkir motor 4.000 dan untuk mobil ± 15.000

Aktivitas Wisata yang dapat dinikmati:
  1. Bermain Pasir Putih.
    Anda bisa mengajak buah hati Anda untuk bermain berkreasi membuat bangunan atau bentuk lainnya pasir putih yang bersih dari sampah.
  2. Mencari Ikan di Sela-sela Karang.
    Teksture pantai Indrayanti sangatlah bersahabat, jarak antara pasir putih dengan ombak dipisahkan oleh karang panjang tempat bersembunyinya ikan-ikan berwarna-warni dan biota laut lainnya.
  3. Foto dari atas Tebing.
    Disekitar pantai Indrayanti terdapat banyak tebing yang telah diberi anak tangga untuk menuju pucuk karang yang telah dibuat secara swadaya oleh penduduk lokal, sehingga kita bisa menikmati indahnya pantai Indrayanti dari ketinggian.
  4. Berpacu Adrenalin dengan Jet Ski.
    Di sana juga Anda juga bisa menikmati sensai menaiki jet ski dengan tarif Rp.250.000,- / 15 menit. Anda akan dibawa oleh drivernya dengan manuver-manuver yang sangat mendebarkan, sehingga tidak jarang banyak penumpangnya jatuh ke air. Namun Anda tidak usah khawatir karena sudah disediakan baju pelampung.
  5. Duduk Santai di bawah Payung.
    Di pantai Indrayanti banyak sekali penduduk lokal yang menyewakan payung dan tikar agar kita bisa menikmati ombak pantai dari atas pasir putih tanpa perlu khawatir terkena terik panas matahari. Harga sewanya pun terjangkau, cukup Rp.20.000,- sepuasnya.

Fasilitas Pantai Indrayanti
  1. Tempat Parkir.
    Areal parkir pantai Indrayanti terbilang paling luas di banding lahan parkir pantai di Gunung Kidul lainnya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk masalah parkir. Bahkan jika Anda berwisata ke sana dengan menggunakan bis sekalipun.
  2. Penginapan.
    Seperti pada umumnya tempat wisata, di pantai Indrayanti banyak terdapat hotel, pondokan di atas bukit dengan panorama pantai, maupun penginapan biasa yang bisa digunakan untuk bermalam. Tarifnya bervariatif, dari yang harga Rp. 100.000,- hingga Rp. 350.000,-/malam berdasarkan jenis penginapan dan hari menginap. Jika Anda datang pada saat liburan tentu harganya akan lebih mahal jika dibandingkan hari lainnya. Tapi jika hari libur, seperti pengalaman saya sebelumnya, hotel dan penginapan bahkan cottage sudah full semua. Jadi jika ingin aman, sebaiknya cari hotel secara online di Wonosari yang berjarak kurang lebih 30 menit perjalanan ke pantai Indrayanti. Anda bisa mencari booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “wonosari“.
  3. Warung Makan.
    Untuk urusan makan, Anda tidak perlu khawatir. Di sekitar bibir pantai Indrayanti banyak terdapat lapak warung yang menjajakan masakan dengan menu yang cukup bervariasi. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal untuk ukuran tempat wisata. Ada bakmi jawa, nasi goreng, sea food, es kelapa muda dan masih banyak menu menarik lainnya.
  4. Tempat Ibadah.
    Di pantai Indrayanti terdapat musholla yang bisa kita gunakan untuk menjalankan ibadah shalat. Air wudhu pun disediakan oleh penduduk setempat dan kita cukup memberikan donasi untuk jasa perawatan seikhlasnya.
  5. Toko Cinderamata.
    Selain warung makan, di sepanjang jalan masuk ke Pantai yang hanya berjarak 50 meter dari jalan raya ini, banyak terdapat toko cinderamata yang menjual pakaian pantai dan kaos dengan sablon bertuliskan pantai Indrayanti dengan berbagai bentuk kreasi. Harganya pun cukup terjangkau, jika Anda mampu mengeluarkan jurus tawar menawar Anda dengan baik.

Tips Berwisata ke Pantai Indrayanti
  1. Bawalah topi dan kacamata hitam untuk menghindari panasnya sengatan terik matahari di siang hari. Jika perlu bawalah tabir surya agar kulit Anda tidak gosong.
  2. Bawa peralatan mandi seperti sabun dan handuk sehingga Anda tidak perlu beli lagi di tempat wisata nantinya setelah puas bermain ombak dan pasir pantai.
  3. Jangan juga lupa membawa sandal jepit. Kalau perlu gunakan sandal jepit setelah Anda keluar dari mobil. Hal ini untuk menghindari panasnya jalan berpasir menuju gulungan ombak dan agar tentunya agar sandal ataupun sepatu kulit Anda tidak rusak karena terkena ombak dan pasir.

Larangan Berwisata di Pantai Indrayanti
  1. Jangan buang sampah sembarangan karena jika kedapatan maka Anda akan didenda Rp.10.000,- per sampahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANTAI BATU KARAS

Pantai Pasir Panjang, Bengkulu